Kamis, 23 Desember 2010

Anatomi Tubuh Manusia part 2

hello, I'm come back !
hehe :P
nah, di postingan kali ini gue mau ngelanjutin posting tentang Anatomi Tubuh Manusia yg sebelumnya..
soalnya itu postingan aslinya belum selesai, masih ada pembahasan-pembahasan lain yg bakal dibahas.
tapi, berhubung guenya udh keburu ngantuk (emg dasar kebo aja guenya) + cape, jadi disudahi sajalah..
nah, masih ada penjelasan tentang Sistem Pernapasan, Sistem Indera, Sistem Pencernaan, Sistem Urinaria, Sistem Reproduksi, Sistem Syaraf, dan Sistem Endokrin.
okelah, daripada gue kebanyakan ngomong disini, mendingan gue lanjutin penjelasannya.
enjoy it ;)



5. Sistem Indera
  • Alat Penglihatan
  • Alat Pendengaran
  • Kulit
Alat Penglihatan

Terdiri atas bola mata, saraf penglihatan, dan alat-alat tambahan mata.Bola mata berbentuk bulat, hanya bidang depannya menyimpang dari bentuk bola sempurna karena selaput bening lebih menonjol ke depan. Ini terjadi karena bagian ini lebih melengkung dari pada bagian lain bola mata. Titik pusat bidang depan dan bidang belakang dinamakan kutub depan dan kutub belakang.Garis penghubungnya adalah sumbu mata atau sumbu penglihat.


Bola Mata

Bola mata dapat dibedakan dinding dan isinya. Dindingnya terdiri atas tiga lapis. Lapis luar adalah selaput keras, yang di depan beralih menjadi selaput bening. Lapis tengah dinamakan selaput koroid yang melapisi selaput keras dari dalam. Ke depan selaput koroid tidak mengikuti selaput bening. Di tempat peralihan selaput koroid dan selaput pelangi terdapat bentuk yang lebih tebal dan dikenal sebagai badan siliar. Di tengah selaput pelangi ada lubang yang disebut manik mata.


Alat Pendengaran

Alat pendengaran terdiri atas pendengar luar, pendengar tengah dan pendengar dalam. Pendengar luar terdiri atas daun telinga dan liang telinga luar.



Bagian-bagian Telinga

Daun telinga adalah sebuah lipatan kulit yang berupa rangka rawan kuping kenyal. Bagian luar liang telinga luar berdinding rawan, bagian dalamnya mempunyai dinding tulang. Ke sebelah dalam liang telinga luar dibatasi oleh selaput gendangan terhadap rongga gendangan.
Pendengar tengah terdiri atas rongga gendangan yang berhubungan dengan tekak melalui tabung pendengar Eustachius. Dalam rongga gendangan terdapat tulang-tulang pendengar, yaitu martil, landasan dan sanggurdi. Martil melekat pada selaput gendangan dan dengan sebuah sendi kecil juga berhubungan dengan landasan. Landasan mengadakan hubungan dengan sanggurdi melekat pada selaput yang menutup tingkap jorong pada dinding dalam rongga gendangan.
Kulit

Kulit terbagi atas kulit ari dan kulit jangat. Kulit ari terdiri atas beberapa lapis, yang teratas adalah lapis tanduk yang terdiri atas sel-sel gepeng, sedangkan lapis terdalam disebut lapis benih yang senantiasa membuat sel-sel epitel baru.


Penampang Kulit

Kulit jangat berupa jaringan ikat yang mengandung pembuluh-pembuluh darah dan saraf- saraf. Tonjolan kulit jangat berupa jari ke dalam kulit ari dikenal dengan papil kulit jangat. Di dalamnya terdapat kapiler darah dan limfe serta ujung-ujung saraf dengan badan-badan perasa.



6. Sistem Pencernaan
  • Rongga Mulut
  • Geligi
  • Lambung
Rongga Mulut

Rongga mulut mulai dari celah mulut dan berakhir di belakang pada lubang tekak.



Rongga Mulut

Oleh karena lengkung gigi, rongga mulut dibagi dua bagian yaitu beranda yang terletak di luar lengkung gigi dan rongga mulut yang terdapat di belakangnya. Beranda dibatasi ke luar oleh bibir dan pipi yang mengandung otot-otot mimik dan karena itu gerakannya amat luas.


Geligi

Geligi terdiri atas dua baris gigi tertutup. Setiap baris gigi merupakan suatu garis melengkung yang pada rahang atas agak lain bentuknya daripada rahang bawah. Gigi pada rahang atas dan pada rahang bawah letaknya sedemikian rupa sehingga penampang terbesar
setiap gigi rahang atas tepat menempati sela antara dua buah gigi rahang bawah dan sebaliknya. Jadi sewaktu mengunyah setiap gigi bekerja sama dengan dua buah gigi yang berlawanan letaknya.


Penampang Susunan Gigi


Lambung

Lambung adalah bagian saluran pencernaan makanan yang melebar seperti kantong, terletakdi bagian atas rongga perut sebelah kiri, dan untuk sebagian tertutup oleh alat-alat yang letaknya berdekatan seperti hati, usus besar dan limpa.



Penampang Lambung


Adelia Reina F.H.



Sumber : Dari Berbagai Sumber (wikipedia,blogger,google)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar